Segmentasi Global, Target dan Posisi Produk Pasar Global
Segmentasi
pasar global didefinisikan sebagai proses mengidentifikasi kelompok atau
kumpulan pelanggan potensial pada tingkat nasional maupun sub nasional yang
kianya mempunyai persamaan tingkah laku dalam membeli.
Tindakan
mengevaluasi & membandingkan kelompok yang diidentifikasi & kemudian memilih
satu atau beberapa diantaranya sebagai calon dengan potensi paling besar.
Proses
yang dipakai oleh perusahaan untuk menetapkan suatu citra dibenak konsumen
relative, terhadap citra produk yang ditawarkan oleh pesaing dengan menentukan
produk untuk peminat khusus.
Kekurangan
akan barang & jasa merupakan masalah sentral dinegara-negara berkembang
& kebutuhan yang paling menekan adalah memperluas produksi.
Teknik Pengambilan Keputusan terkait dengan Rantai Pasok (Supply Chain)
dan Rantai Nilai (Value Chain)
Tantangan
Dalam Menentukan Pemasok Adalah Untuk Mewujudkan Nilai Yang Akan Memenuhi
Kebutuhan Pelanggan.
Nilai
: V = (Q + F)/P Dimana: V : Nilai Pelanggan Q : Mutu Produk Dalam Pandangan
Pelanggan F : Sifat Produk Yang Dinilai Pelanggan P : Harga Produk
Rantai Nilai dan Peran Strategis Pemasaran
Global:
1. Konfigurasi Pemasaran
2. Koordinasi Kegiatan
3. Pemanfaatn Peluang Untuk Keunggulan
Bagian Hulu Rantai Nilai
Faktor-Faktor Keputusan Penetapan Pemasok:
1.
Biaya Dan Ketersediaan
2.
Logistik
3.
Infrastuktur Negara
4.
Resiko Politik
5.
Akses Pasar
6.
Kurs Mata Uang, Ketersediaan Dan Kemudahan Dipertukarkan
Alternatif
Strategi Menentukan Pemasok: Strategi Menentukan Pemasok Perusahaan
Internasional Mengandalkan Kemampuan Sendiri Atau Kelompok Negeri Sendiri Untuk
Pasaran Dunia
Strategi Menentukan Pemasok Perusahaan Multinasional Pendirian Fasilitas Produksi
Di Setiap Negara Tenpatnya Beroperasi
Pilihan Startegi Memasuki Pasar Global & Berekspansi
Pasar
global adalah pasar berskala dunia yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha.
Mempertahankan produksi berbasis nasional dan mengekspor barang-barang ke pasar
luar negeri dengan menggunakan jalur pengawasan distribusi.
Lisensi
adalah strategi yang dilakukan jika perusahaan mempunyai kemampuan secara
teknis tetapi tidak mempunyai kemampuan secara internasional untuk memasuki
pasar luar negeri dan adanya keinginan untuk menghindari risiko pada saat
mengirimkan atau memasukkan sumberdaya ke pasar yang mana tidak lazim, kondisi
politik yang mudah berubah dan ketidakstabilan ekonomi.
Usaha
patungan atau Joint Venture merupakan persetujuan diantara dua pihak atau lebih
untuk melakukan kerjasama di dalam suatu proyek, seringkali suatu joint venture
dilakukan apabila perusahaan-perusahaan dengan teknologi yang saling melengkapi
ingin menciptakan barang atau jasa yang akan saling memperkuat posisi
masing-masing perusahaan.
Pertumbuhan
dan ekspansi bisnis adalah tujuan utama bagi sebagian besar pemilik bisnis dan
pengusaha. Tapi bagaimana cara untuk memperluas bisnis di era pertumbuhan
perekonomian yang lambat seperti saat ini? Terdapat 3 strategi dimana
perusahaan ingin memperluas produk atau pasarnya, yaitu:
•
Strategi penetrasi pasar, dimana hal ini
dilakukan dengan cara membanjiri pasar dengan produk baru yang belum ada
dipasaran, sehingga orang atau pelanggan akan membeli produk tersebut.
•
Strategi pengembangan pasar, ini dilakukan
bilamana perusahaan mulai mencari saluran baru atau wilayah baru untuk pasar
produknya yang belum tersentuh dari produk tersebut.
•
Strategi pengembangan produk, strategi ini
dilakukan bilamana perusahaan telah melakukan dua strategi sebelumnya dimana
produk sebelumnya dilakukan diversifikasi atau penemuan turunan dari produk
tersebut.
Penentuan
posisi pasar sebagai strategi untuk mengarahkan pelanggan dengan membangun rasa
kepercayaan, percaya diri, dan kompetensi untuk pelanggan sehingga menciptakan
sebuah eksistensi di benak pelanggan dan memimpin mereka secara kredibel.
Startegi Persaingan Global Serta Daya Saing
Dalam
suatu penelitian penting mengenai daya saing internasional, agar industri suatu
negara dapat berhasil di pasar global, industry tersebut harus memiliki :
kondisi-kondisi faktor yang menguntungkan, kondisi-kondisi permintaan,
industri-industri yang berkaitan & mendukung, strategi, struktur, dan
persaingan yang teguh.
Keunggulan kompetitif adalah jantung dari
kinerja perusahaan dalam pasar yang kompetitif. Keunggulan kompetitif adalah
tentang bagaimana sebuah perusahaan benar-benar menempatkan strategi-strategi
generik ke dalam praktik.
Industri
sebuah negara sebagai sukses secara internasional jika memiliki keunggulan
kompetitif relatif terhadap para pesaing terbaik di seluruh dunia. keberadaan
ekspor yang besar dan bertahan lama dan/atau investasi asing di luar wilayah
yang signifikan berdasarkan pada keterampilan dan aktiva yang diciptakan di
negara asal, dapat meningkatkan keunggulan kompetitif nasional
E-Marketing, dan Aspek Komunikasi Pemasaran Global
E-Marketing
adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari
perusahaanuntuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang
dan jasa melalui internet.
Komunikasi
pemasaran adalah aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu
suksesnya pemasaran. Sedangkan komunikasi pemaasaran global merupakan
efektivitas komunikasi pemasaran yang melewati batas-batas negara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar